Minggu, 18 Maret 2012

Paedagogi Teoritis dan Prinsip-prinsip Paedagogis

Paedagogi bukan hanya berkutat pada ilmu dan seni mengajar melainkan ada hubungannya dengan pembetukan generasi baru yaitu pengaruh pendidikan sebagai sistem yang bermuara pada pengembangan individu atau peserta didik. Paedagogi adalah ilmu pendidikan atau ilmu pengajaran. sedangkan Paedagogis adalah salah satu proses studi Paedagogi. Prinsip-prinsip proses Paedagogis adalah kesatuan karakteristik ilmiah dan ideologis dari proses paedagogis, prinsip hubungan sekolah dan kehidupan didasarkan pada dua aspek penting yakni kaitan antara kehidupan dan pekerjaan sebagai kegiatan yang mendidik manusia, prinsip selanjutnya adalah proses ini adalah salah satu yang mengkombinasikan karakter kolektif dan individu serta penghormatan terhadap kepribadian siswa, prinsip berikutnya adalah merujuk pada kesatuan pengajaran, pendidikan, dan perkembangan proses, kemudian prinsipnya adalah bahwa domain kognitif dan afektif tidak bisa berada dlm suasana yang.kering dan prinsip yang terakhir adalah bahwa masing-masing substansi aktivitas, komunikasi, dan kepribadian saling terkait satu sama lain.

Kaitan Paedagogi dan Paradigma Belajar

1. Definisi
pada kenyataannya, kegiatan yang terjadi di dalam kelas tidak dapat terlepas dari belajar maupun mengajar. nah apakah pengertian dari mengajar? mengajar belajar dari kata ajar yang berarti memberi petunjuk atau menyampaikan informasi, pengalaman, pengetahuan, dan sejenisnya kepada subjek tertentu diketahui atau dipahami. Mengajar adalah tindakan seseorang atau beberapa orang untuk memberi petunjuk atau menyampaikan informasi agar dapat dipahami oleh subjek didik tertentu. sedangkan pengajaran yakni lebih kepada proses dimana kerangka kegiatan mengajar itu terjadi. Melihat kepada pengertiannya dapat dikatakan bahwa pengertian belajar merujuk pada tugas utama siswa baik yang dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas namun tidak dapat dipubgkiri bahwa guru juga melakukan kegiatan belajar dalam memberikan pembelajaran kepada siswa, sedangkan pengertian pengajaran memiliki makna adanya interaksi antara siswa dan guru, namun peranan guru memang lebih dominan.
2. Bagaimanakah karakteristik guru dengan kemampuan mengajar yang unggul?
Ketika siswa termotivasi utk terus melanjutkan pendidikan secara berkelanjutan maka merupakan.indikasi bahwa proses pembelajaran yang dijalaninya adalah unggul. kegiatan belajar seperti ini menginspirasi siswa untuk terus belajar dan biasanya terinspirasi dari gurunya. Ada beberapa karakteristik guru dgn kemampuan yg unggul, yakni:
a. memiliki keahlian pokok seperti pengetahuan mengenai materi pembelajaran secara menyeluruh, mengetahui materi lebih luas dari sekedar yg ada di buku, mendalami materi secara terus menerus,
b. memiliki keahlian paedagogis seperti menetapkan tujuan pembelajaran yg sesuai, menunjukkan sikap positif dan kepercayaan terhadap siswa, menilai siswa secara adil dN cepat, memandu siswa agar berhasil mengeksplorasi proses pemecahan masalah, memberi umpan balik secara teratur
c. memiliki kemampuan komunikator yg unggul
d. mentor yang berpusat pada siswa yakni menjadikan siswa sebagai prioritas utama
e. aksesor yg sistematis dan berkelanjutan

3.

Sabtu, 10 Maret 2012

seni dan ilmu mengajar 27 februari 2012 MK PAEDAGOGI

Pagi itu hari senin sekitar pukul 8 pagi kami bersama ibu Dina fillia masuk kepada pembelajaran mengenai ilmu dan seni mengajar, saat itu yang ada di dalam pikiran kami bahwa kami akan menjalankan proses belajar mengajar yang pada umumnya terjadi dimana terdapat interaksi antara dosen dan mahasiswa, namun ternyata perkiraan kami salah ternyata saat itu yg kami pelajari adalah ilmu dan seni mengajar. Saat itu kami diarahkan oleh ibu Dina bagaimana cara mengakses informasi yang instan namun tetap terkendali. Hal pertama yang perlu kami lakukan adalah login ke website usu untuk kemudian kami masuk ke window psikologi dan masuk kepada window chat.utk melakukan percakapn. Saat itu terjadilah kesulitan dan kami masing masing diberikan kesempatan oleh bu Dina mengeksplore diri kami sampai kami dapat memecahkan permasalahan itu, saat itu permasalahannya adalah bahwa kami masing masing menemui kesulitan utk masuk ke box chat utk melakukan percakapan, setelah cukup lama berkutat dengan permasalahan tersebut seorang dari kami berhasil mencari jalan keluarnya sehingga kami satu sama lain dapat bergabung dalam ruang chat. Sejak hari itu ibu Dinna mengajak kami untuk tidak mengekang kreativitas yg terdapat pada diri kami seseorang karena ibu dinna tidak pernah menganggap apa yg kami lakukan salah atau benar namun lebih kepada penghargaan terhadap apa yg kami lakukan