Senin, 14 Februari 2011

tugas kelompok Psi.Pendidikan I

Bagaimana pandangan dan penilaian kelompok mengenai kewajiban mahasiswa mempunyai email dan memposting blog ? dikaji berdasarkan teori psikologi pendidikan dan fenomena pendidikan di Indonesia khususnya di Medan 

Yosefine Mendrofa (10-080)
 

setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan dan wajib mengikuti pendidikan dasar serta pemerintah wajib membiayainya, pernyataan ini dikuatkan melalui undang-undang sistem pendidikan nasional atau biasa disebut dengan SISDIKNAS, yang menyebutkan “bahwa setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan bermutu” Berdasarkan aturan mengenai pendidikan diatas memberikan gambaran secara luas dan jelas, bahwa pendidikan merupakan suatu kewajiban terhadap negara dan warga masyarakat. Pemerintah wajib menyediakan sarana dan prasarananya, masyarakat memberikan dukungan terhadap terselenggaranya dunia pendidikan. 
Penggunaan Internet di Indonesia menunjukkan situasi di mana kehidupan global saat ini memang dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman yang serba cepat dan instan. Dukungan dari pemerintah mengenai hal ini juga dapat kita rasakan di mana situs-situs pendidikan menjadi semakin berkembang dan meluas jaringannya pada cyber world. Dalam hal ini, pemerintah juga belajar bagaimana zaman menuntut akses yang cepat, dan Internet merupakan media yang sangat membantu dalam hal pendidikan- mengingat hal yang menarik dari Internet adalah kemampuan dalam mengakses informasi teks, audio, gambar, perkiraan, ilustrasi dan yang lain dari 320 juta web di Internet dengan lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan media komunikasi/informasi yang lain. 
Pandangan kelompok mengenai e-learning pada mahasiswa?
Sesuai dengan tuntutan zaman yang memiliki peredaran informasi yang sangat cepat- seperti yang telah dijelaskan di atas- sangatlah membantu memang keberadaan internet sebagai fasilitas yang digunakan oleh mahasiswa mengembangkan potensi dirinya ataupun menjaring pelbagai informasi yang ada, berikut adalah beberapa pandangan dari kelompok kami mengenai penggunaan blog dan atau email dalam proses perkuliahan:
1.    Yosefine Mendrofa (10-080)
"Belajar e-learning, menggunakan email, blog, ataupun fasilitas lain yang ada di dalam dunia internet merupakan suatu hal yang sangat bagus dan baik. Bukan hanya dalam segi pembelajaran dan pendidikan yang diperoleh saja. Tapi juga merupakan pembelajaran dalam berbagai hal, misalnya mengenal kemajuan teknologi, kemudahan mendapatkan informasi, pembelajaran bukan hanya diperoleh dari buku ataupun guru tapi media internet justru ga kalah bagusnya informasi yang dapat diperoleh.
Apalagi dengan fenomena-fenomena yang ada. Para pelajar banyak tergantung pada buku-buku, sekolah, guru dan hanya menggunakan kemajuan teknologi dan informasi sebagai sarana hiburan. Into memang  salah satunya juga. Kemajuan TIK memudahkan komuniksi, tapi alangkah baiknya perkembangan yang pesat ini memang benar-benar dipergunakan untuk media pembelajaran. Sejauh ini saya yang mengalaminya saja sudah sangat senang dan benyak memperoleh pembelajaran dari sini. Tapi disatu sisi lain memang tetap ada juga kerugian. Namanya juga pembelajaran, tidak ada suatu hal itu yang tidak ada kerugiaannya.
Selain pembelajaran , melalui pembelajaran e-learning, menggunakan email, blog dan yang lainnya juga dapat menambah kreatifitas kita dalam menanggapi sesuatu. Dimana kita dituntut untuk belajar mandiri, berpikir kritis dan juga bisa menyalurkan pengetahuan dan bakat yang kita miliki secara bebas yang akan membuat kita terus berkembang. Dengan begitu bukan hanya dihasilkan sebagai pelajar yang pintar, tetapi juga kreatif dan inofatif :)"

2.    Olga Septania (10-082)
"E-learning merupakan media yang menjembatani kita sebagai mahasiswa dengan dunia yang luas ini dan dengan berbagai informasi yang berkembang dengan sangat-sangat cepat. Dengan penggunaan email tentunya mahasiswa akan lebih mudah berkomunikasi baik antar mahasiswa ataupun dengan dosen tanpa batas ruang dan waktu, begitupula dengan Blog, Blog merupakan media yang mengharuskan mahasiswa/I agar mulai dewasa dan mandiri dalam menyelesaikan tugas-tugas perkuliahannya, bukan saja mandiri dan dewasa namun juga mahasiswa secara tidak langsung  dituntut untuk kreatif dalam  pengerjaan tugas-tugasnya, karena itu lingkungan Kampus banyak memberikan pembelajaran kepada mahasiswa/I, belajar bagaimana mengerjakan tugas tepat waktu, belajar professional dalam tugas-tugasnya, belajar menggunakan blog dan atau email dalam memudahkan tugas-tugasnya, serta belajar bahwa perkembangan yang sangat pesat (dan sulit untuk diikuti perkembangannya karena berkembang begitu cepat) di dunia ini dan sekali kita ketinggalan informasi maka ada satu jendela dunia yang tertinggal oleh kita. Sehingga itulah penting rasanya agar metode pembelajaran e-learning ini semakin disebarluaskan, demi keadaan pendidikan kita di Indonesia (khususnya di Medan) menjadi lebih baik dan tentunya kita menjadi bagian dan saksi bahwa dunia ini mempunyai begitu banyak informasi pendidikan yang positif- yang membantu kita dalam proses pendidikan (begitu pula dengan para tenaga pengajar)"
3.    Selvia Veronika Tarigan (10-122)
"Menurut saya, penggunaan blog sangat berfungsi bagi mahasiswa. Karena saat menulis di blog, kita diatih untuk dapat menyuarakan pendapat dan juga dapat berfungsi sebagai ajang kreativitas. Saat menggunakan/ menulis di blog, kita dapat berkreasi sesuai dengan keinginan dan hal itu juga dapat menunjukkan kepribadian seseorang. Penggunaa blog dalam mata kuliah psikologi pendidikan juga dapat sangat membantu mahasiswa agar mereka terbiasa untuk membaca sebelum mata kuliah tersebut diajarkan di kelas. Karena tidak mungkin seseorang dapat memposting tulisan di blok tanpa membaca. Jadi, secara tidak langsung mengajarkan mahasiswa agar cinta membaca dan terbiasa membaca. Melalui penggunaan blok, mahasiswa juga dapat semakin mengenal dan terbiasa dengan tekhnologi. Karena dari penggunaan tekhnologi seperti internet, kita bisa mendapatkan banyak pengentahuan yang sudah lama atau fakta-fakta baru yang baru saja ditemukan. Seingga, kita tidak akan tertinggal mengenai informasi-informasi baru. Menurut saya, penggunaan blog bisa sangat membantu seseorang untuk memahami berbagai hal bukan hanya miliknya sendiri tetapi juga milik orang lain."

Dari pandangan-pandangan tersebut, maka dapatlah kami simpulkan bahwa penggunaan blog dan atau email pada proses pendidikan merupakan penting karena :
1.     Penggunaan cara-cara konvensional (yakni penggunaan kertas) semakin diminimalisir, sehingga berujung kepada keselamatan Bumi dari gejala Global warming
2.     Memicu kekreatifitasan mahasiswa/i dalam pengerjaan tugas-tugas perkuliahan
3.     Menjadikan keberadaan mahasiswa yang “melek-informasi”
4.     Memandirikan mahasiswa/i dalam menelaah bahan bacaan dan membuat mahasiswa/i kian kritis dengan berbagai masalah dan bahan bacaan yang ditelaah
5.     Mengingat waktu adalah segalanya dalam proses pendidikan, maka penggunaan blog dan atau email membantu mahasiswa/i untuk meminimalisir waktu dan ruang dalam pengerjaan tugas-tugasnya
6.     Membekali mahasiswa/i dalam dunia kerja nantinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar