Senin, 23 April 2012

Komentar perkuliahan 23 April 2012

Hari ini merupakan hari pertama perkuliahan Paedagogi setelah kami menjalani UTS, dan hari ini pula saya merasa sangat tidak beruntung karena tidak dapat menghadiri perkuliahan yang dibimbing oleh Ibu Dina. Sebelumnya saya minta maaf sebesar-besarnya kepada ibu Dina atas ketidakhadiran saya tersebut. Keputusan ini saya ambil karena keadaan saya yang kurang fit hingga terkena demam tidak memungkinkan rasanya untuk saya menghadiri perkuliahan yang dimulai pukul 08:00. Namun saya tetap merasa perlu menanyakan mengenai apa saja yang terjadi saat perkuliahan tadi berlangsung. Banyak hal yang diberitahukan oleh teman-teman saya mengenai kegiatan belajar di kelas tadi. Salah satunya adalah bahwa mereka mengadakan remedial untuk soal-soal UTS yang kami laksanakan secara online beberapa pekan yang lalu. Saya merasa benar-benar tidak beruntung, karena saya juga memang ingin sekali memperbaiki beberapa jawaban namun memang itulah resiko ketika saya pun kurang menjaga tubuh saya, remedial itu dibatasi hingga pukul 10 pagi dan tentu saya harus menerima bahwa saya tidak mempunyai kesempatan untuk melakukan remedial. 
Hal lain yang juga disampaikan teman-teman saya adalah ketika Ibu Dina begitu kecewa ketika tidak satupun di antara mahasiswa di kelas yang dapat menjawab pertanyaan Bu Dina, hingga Bu Dina memutuskan untuk keluar dari kelas dengan kontrol kelas dikendalikan oleh komting. Dalam hal ini saya benar-benar belajar dan juga membayangkan kalau saya berada di kelas saya akan mencoba sebisa mungkin untuk dapat menjawab pertanyaan bu Dina. 
Apa yang dilakukan oleh Bu Dina pasti bukanlah tanpa sebab, beliau memberikan kami reward ketika kami memang memunculkan perilaku yang perlu untuk ditingkatkan (misalkan mengerjakan tugas dengan baik, atau menjawab pertanyaan) dan memberikan punishment ketika memang kami menghadirkan perilaku yang tidak seharusnya (contohnya saja ketika tidak ada seorangpun yang dapat menjawab pertanyaan). Hari ini saya belajar beberapa hal, bahwa saya selaku mahasiswa bertanggung jawab atas apa yang menjadi tanggung jawab saya seperti hal nya tubuh yang sehat dan saya harus belajar untuk semakin memperdulikan kesehatan agar saya dapat mengikuti perkuliahan dan tentunya mendapatkan sesuatu yang berharga di kelas dan satu hal juga yang penting adalah bahwa kami sebagai mahasiswa tentunya dituntut untuk aktif baik di dalam maupun di luar kelas, hal ini tentunya akan menjadikan kami sebagai seorang yang bijak dalam mengatasi permasalahan-permasalahan, isu-isu penting, serta memberikan feedback yang diharapkan oleh dosen-dosen pengampu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar