1. Apa yang dapat adinda jelaskan sehubungan dengan Pedagogi Modern? lalu beri ilustrasi bandingan antara proses pembelajaran yang adinda dapatkan saat perkuliah dengan uraian teori tersebut.
selamat siang ibu terimakasih bu utk soal pertamanya, mengenai paedagogi modern menurut saya merupakan pengaplikasian dari paedagogi dimna di dlmnya terdapat bukan hanya seni mengajar dan mengasuh namun lebih meluas lagi kepada dimensi seni, teori, dan praktik mengajar dan belajar. ketika saya menguhubungkan dgn apa yg telah saya dapat selama ini (khususnya mata kuliah paedagogi) bahwa yang telah saya terima selama proses belajar dan mengajar merupakan aplikasi nyata dari Paedagogi Modern. Guru menempatkan posisinya pada posisi sentral, dimana guru mentransformasikan pengetahuan, merangsang hingga memfasilitasi. Seperti apa yang saya alami dalam perkuliahan, dimana terdapat fasilitas wifi, dosen atau guru memberikn sebuah teori utk kami kembangkan dan kadang2 terdapat tugas2 lapangan sehingga kami lebih banyak memperoleh bukti2 faktual dri tugas lapangan yg kami lakukan. Dalam belajar juga kami dituntut utk lebih kritis dlm menerima pelajaran, mengorganisasikan, serta memecahkan masalah. Sehingga kami belajar utk semakin kreatif dalam berpikir atau berpikir out of the box. Kemudian kami juga melakukan penelitian2 sederhana sebagai syarat2 tertentu ujian akhir dsb. Nah pelitian ini tentunya semakin mngembangkan cakrawala pemikiran dan pengetahuan kami serta kami semakin sadar bahwa ketika sebuah ilmu pengetahuan ditransformasikan kepada kami itu lah saat dimana kami tidak hanya memposisikan diri sebagai penerima namun juga sebagai penerus yakni dengan melakukan pengujian2 hipotesis atau sebuah teori (tugas lapangan), mencari bahan2 referensi terkait mata kuliah dari berbagai sumber, dan tentunya memiliki rasa ingin tahu yang lebih utk menambah pengetahuan agar mampu berpikir out of the box. Hal inilah yang saya rasakan dan dapatkan selama masa pekuliahan, dan kegiatan pembelajaran tersebut sangat membantu saya.
Micro teaching menurut saya adalah proses belajar yang mengalami penyederhanaan atau pengecilan seperti bahan ajar yang hanya dua bahan ajar, murid yg berkisar 5-10 org, serta waktu ajar kira2 10-15 menit. Seperti apa yang telah kami rencanakan bahwa siswa yang kami ajar adalah siswa kelas 5 SD sebanyak 5 org dengan bahan ajar yakni matematika dan bahasa inggris. Nah teori yang kami gunakan antara lain mengenai Pengaplikasian Paedagogi Tradisional (paedagogi, Andragogi, dan Heutagogi hal.57) dimana pada praktik.nya kelak kami merupakan pemimpin siswa dalam memberikan bahan ajar dan juga kami belum menggunakan media teknologi seperti laptop atau penggunaan internet. Selanjutnya adalah mengenai Teacher Centered dimana kami berperan penting dalam mentransformasikan materi atau bahan ajar nantinya , selanjutnya pada teori "Guru yang baik" (hal.39) dengan terdapatnya beberapa kriteria tersebut kami berusaha agar kriteria tersebut bisa menjadi pedoman untuk kami, antara lain: 1. Memiliki kesadaran tujuan 2. Memiliki harapan akan keberhasilan bagi semua siswa 3. Mentoleransi ambiguitas 4. Menunjukkan kemauan beradaptasi dan berubah untuk memenuhi kebutuhan siswa 5. Merasa tidak nyaman jika kurang mengetahui 6. Mencerminkan komitmen pada pekerjaan mereka 7. Belajar dari berbagai model 8. Menikmati pekerjaan dan siswa mereka Dalam karakteristik tersebut disebutkan beberapa kali kata "pekerjaan" mungkin ketika ditujukan kepada kami sebagai mahasiswa, kami akan lebih diposisikan sebagai mahasiswa yang menjalankan proses mengajar namun kami sekiranya menikmati setiap detail tugas lapangan tersebut karena tentunya akan membuka wawasan kami mengenai proses belajar itu sendiri, pengaplilasiannya, dan kami merasakab juga bagaimana pentingnya sebuah transformasi ilmu pegetahuan kepada siswa2 kami
1. Apa yang dapat adinda jelaskan sehubungan dengan Pedagogi Modern? lalu beri ilustrasi bandingan antara proses pembelajaran yang adinda dapatkan saat perkuliah dengan uraian teori tersebut.
BalasHapusselamat siang ibu terimakasih bu utk soal pertamanya, mengenai paedagogi modern menurut saya merupakan pengaplikasian dari paedagogi dimna di dlmnya terdapat bukan hanya seni mengajar dan mengasuh namun lebih meluas lagi kepada dimensi seni, teori, dan praktik mengajar dan belajar. ketika saya menguhubungkan dgn apa yg telah saya dapat selama ini (khususnya mata kuliah paedagogi) bahwa yang telah saya terima selama proses belajar dan mengajar merupakan aplikasi nyata dari Paedagogi Modern. Guru menempatkan posisinya pada posisi sentral, dimana guru mentransformasikan pengetahuan, merangsang hingga memfasilitasi. Seperti apa yang saya alami dalam perkuliahan, dimana terdapat fasilitas wifi, dosen atau guru memberikn sebuah teori utk kami kembangkan dan kadang2 terdapat tugas2 lapangan sehingga kami lebih banyak memperoleh bukti2 faktual dri tugas lapangan yg kami lakukan. Dalam belajar juga kami dituntut utk lebih kritis dlm menerima pelajaran, mengorganisasikan, serta memecahkan masalah. Sehingga kami belajar utk semakin kreatif dalam berpikir atau berpikir out of the box. Kemudian kami juga melakukan penelitian2 sederhana sebagai syarat2 tertentu ujian akhir dsb. Nah pelitian ini tentunya semakin mngembangkan cakrawala pemikiran dan pengetahuan kami serta kami semakin sadar bahwa ketika sebuah ilmu pengetahuan ditransformasikan kepada kami itu lah saat dimana kami tidak hanya memposisikan diri sebagai penerima namun juga sebagai penerus yakni dengan melakukan pengujian2 hipotesis atau sebuah teori (tugas lapangan), mencari bahan2 referensi terkait mata kuliah dari berbagai sumber, dan tentunya memiliki rasa ingin tahu yang lebih utk menambah pengetahuan agar mampu berpikir out of the box. Hal inilah yang saya rasakan dan dapatkan selama masa pekuliahan, dan kegiatan pembelajaran tersebut sangat membantu saya.
BalasHapus2. jelaskan tentang konsep micro teaching kelompok adinda. Kemudian sertakan kajian teori yang mendukung menurut pendapat pribadi anda.
BalasHapusMicro teaching menurut saya adalah proses belajar yang mengalami penyederhanaan atau pengecilan seperti bahan ajar yang hanya dua bahan ajar, murid yg berkisar 5-10 org, serta waktu ajar kira2 10-15 menit. Seperti apa yang telah kami rencanakan bahwa siswa yang kami ajar adalah siswa kelas 5 SD sebanyak 5 org dengan bahan ajar yakni matematika dan bahasa inggris. Nah teori yang kami gunakan antara lain mengenai Pengaplikasian Paedagogi Tradisional (paedagogi, Andragogi, dan Heutagogi hal.57) dimana pada praktik.nya kelak kami merupakan pemimpin siswa dalam memberikan bahan ajar dan juga kami belum menggunakan media teknologi seperti laptop atau penggunaan internet. Selanjutnya adalah mengenai Teacher Centered dimana kami berperan penting dalam mentransformasikan materi atau bahan ajar nantinya , selanjutnya pada teori "Guru yang baik" (hal.39) dengan terdapatnya beberapa kriteria tersebut kami berusaha agar kriteria tersebut bisa menjadi pedoman untuk kami, antara lain:
Hapus1. Memiliki kesadaran tujuan
2. Memiliki harapan akan keberhasilan bagi semua siswa
3. Mentoleransi ambiguitas
4. Menunjukkan kemauan beradaptasi dan berubah untuk memenuhi kebutuhan siswa
5. Merasa tidak nyaman jika kurang mengetahui
6. Mencerminkan komitmen pada pekerjaan mereka
7. Belajar dari berbagai model
8. Menikmati pekerjaan dan siswa mereka
Dalam karakteristik tersebut disebutkan beberapa kali kata "pekerjaan" mungkin ketika ditujukan kepada kami sebagai mahasiswa, kami akan lebih diposisikan sebagai mahasiswa yang menjalankan proses mengajar namun kami sekiranya menikmati setiap detail tugas lapangan tersebut karena tentunya akan membuka wawasan kami mengenai proses belajar itu sendiri, pengaplilasiannya, dan kami merasakab juga bagaimana pentingnya sebuah transformasi ilmu pegetahuan kepada siswa2 kami