Senin, 09 April 2012

PAEDAGOGI TEORITIS DAN PRINSIP-PRINSIP PAEDAGOGIS

1. Paedagogi dan Paedagogis
Paedagogi tidak hanya berkisar pada seni dan ilmu mengajar, namun juga memberikan pengaruh sebagai sistem yang bermuara pada pengembangan individu atau peserta didik. Sebagai kata benda, Paedagogi bermakna ilmu pendidikan atau ilmu pengajaran; sebagai kata sifat paedagogis berarti memiliki sifat mendidik atau bersifat paedagogi.

2. Prinsip-prinsip proses Paedagogis
Prinsip-prinsip paedagogis berarti mengarah kepada proses paedagogis yang menjadi standard an prosedur tindakan untuk menentukan dasar paedagogis yang paling penting dalam proses pendidikan kepribadian.
Terdapat beragam prinsip-prinsip Paedagogis, namun tentunya terdapat kesatuan karakter ilmiah dan ideologis dari proses paedagogis. Hal ini berarti setiap proses tersebut harus terstruktur berdasarkan temuan yang paling maju di bidang sains kontemporer dan dalam korespondensi total dengan ideology kita.
Prinsip yang selanjutnya mengarah kepada kesatuan pengajaran, pendidikan dan perkembangan proses, karena didasarkan pada kesatuan dialektis antara pendidikan dan pengajaran yang harus terkait dengan kegiatan pembangunan pada umumnya.
Prinsip terakhir dari proses paedagogis adalah bahwa masing-masing subsistem aktivvitas, komunikasi, dan kepribadian saling terkait satu sama lain
3. Pembentukan professional
Menurut Vigotzky, terdapat beberapa dimensi yang terkait dalam pembentukan guru professional disajikan sebagai berikut:
a. Pembentukan guru sebagai pribadi yang utuh
b. Pembetukan karakter sistemik yang diperlukan untuk memberdayakan siswa (dari awal sampai mereka lulus)
c. Pembentukan karakter yang terpribadi (personalized character) dengan dua jalur referensi, individualisasi dan integrasi
d. Pembetukan karakter preventif (tidak hanya berkaitan dengan pemecahan masalah melainkan juga dalam rangka mengantisipasi kesulitan atau permasalahan tersbut)

Semua tesis yang dinyatakan Vigotsky tersebut juga mendukung proses belajar-mengajar sebagaimana dikehendaki dalam proses paedagogis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar