Senin, 09 April 2012

PAEDAGOGIS PRAKTIS ABAD KE-21


1.     Paedagogi Progesif
Paedagogi Progesif juga disebut sebagai Paedagogi Praktis Abad ke 21. Berbagai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah melahirkan beberapa perubahan besar dalam pola pembelajaran. Belakangan juga telah hadir proses pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

2.     Ilmiah dan Praktis
Paedagogi juga termasuk dalam kategori “pengetahuan paedagogis formal” dan “pengetahuan paedagogis vernacular” . Formal berarti paedagogi bermakna teoritis atau ilmiah sedagkan vernacular berarti paedagogi praktis. Paedagogi formal atau teoritis didukung oleh pengalaman dasar yang kuat, istimewa, dan dibangun atas fondasi kajian empiric selama proses mengajar dan belajar.

3.     Studi Sistemik
Studi sistemik berkaitan erat dengan penerapan paedagogi. Menurut Hallam dan Ireson,  ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengembangkan pendekatan mereka sendiri untuk paedagogi, yakni:
a.     Pertimbangan tujuan pendidikan dan nilai-nilai yang mendukung pengajaran
b.     Pengetahuan tentang teori belajar
c.      Pengetahuan tentang konsep-konsep yang berbeda dari mengajar
d.     Pengetahuan tentang model pengajaran dan pembelajaran dan interaksi dinamis
e.     Memahami bagaimana paedagogi dapat dioperasionalkan di dalam kelas
f.       Pengetahuan dan keterampilan untuk mengevaluasi praktik, penelitian, dan teori yang berkaitan dengan pendidikan
4.      Antipaedagogi
Seiring bertambahnya usia, Paedagogi seringkali mengundang perdebatan. Akan sangat berbahaya jika muncul kekuatan-kekuatan luar yang memaksakan perubahan buruk didasarkan pada teori, riset, dan praktik tanpat melirik esensi paedagogi.
Kegagalan pemerintah dalam hal Paedagogi seperti pengabaian peranan Paedagogi merupakan penyebab hal tersebut. Hal ini juga berakibat ada beberapa anak yang hanya menemukan sedikit keuntungan dari penggunaan teknologi baru untuk keperluan mengajar dan pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar